Mebel Ukir Jepara Menembus Tiga Benua

Mebel ukir jepara sudah terkenal sejak beberapa decade yang lalu, seperti kita ketahui bersama jepara terkenal sebagai kota ukir, tentu saja hal ini sangat menguntungkan para perajin mebel ukir jepara. Masyarakat jepara yang mayoritas bekerja sebagai perajin mebel jepara atau dibidang yang masih berhubungan dengan kerajinan mebel. Hampir setiap hari ada puluhan container yang masuk ke jepara baik yang membawa kayu jati sebagai bahan utama untuk membuat mebel ataupun yang keluar dari jepara yang membawa mebel yang sudah jadi untuk di eksport ke berbagai negara tujuan, tentu saja hal ini sangat menguntungkan sebagai sumber pemasukan bagi kas daerah jepara sendiri.

mebel ukir jepara
Mebel Ukir Jepara

Mebel ukir jepara disamping untuk melayani pasar local nusantara, mebel ukir jepara juga sudah berhasil dieksport keberbagai negara di 3 benua yang berbeda, untuk asia sendiri china adalah salah satu negara tujuan eksport mebel ukir jepara, ada juga singapura, Malaysia dan masih banyak lagi. Untuk benua eropa, negara negara seperti italia, inggris, spanyol juga banyak yang menjadi negara tujuan pengiriman mebel ukir jepara. Ada lagi Australia bahkan sampai ke benua amerika, ada argentina, brazil dan masih banyak lagi negara negara lainnya. Tingginya permintaan pasar mebel membuat kesejahteraan masyarakat jepara juga ikut meningkat, ada banyak lapangan pekerjaan di jepara yang tersedia.

Mebel ukir jepara merupakan seni ukir yang mempunyai daya tarik tersendiri, kerajinan yang mengandalkan kreatifitas atau ketrampilan seni tingkat tinggi ini menjadikan kerajian mebel ukir jepara bernilai ekonomi yang tinggi, kerajinan yang tidak bisa di buat secara masal menggunakan mesin ini banyak diminati oleh pembeli. Disamping nilai ekonomi yang tinggi, desain ukiran yang nampak begitu detail menjadikan mebel ukir jepara sebagai salah satu seni kerajinan yang mempunyai nilai seni yang tinggi dan patut untuk terus dilestarikan. Disini peran pemerintah sangat dominan, pemberian fasilitas gratis untuk mengikuti berbagai acara pameran berskala internasional sangat membantu untuk terus memperkenalkan mebel jepara.