Mebel Jati Jepara Primadona Nusantara

Mebel jati jepara atau sering juga disebut dengan mebel kayu jati adalah model atau desain mebel yang menggunakan kayu jati. Sebutan mebel jati jepara justru datang dari luar jawa, kebanyakan masyarakat laur jawa, seperti sumatera atau Kalimantan. Bahkan anggapan masyarakat luar jawa mengira kalua mebel jati jepara itu menggunakan kayu jati yang berasal dari jepara, anggapai itu sesungguhnya tidak benar karena kayu jati atau hutan jati jepara sudah habis sekitar tahun 1998 saat krisis moneter melanda Negara kita Indonesia. Pada saat itu mebel jepara sedang booming sehingga terjadi penjarahan besar besaran hutan jati oleh warga sekitar, kemudian dijadikan barang mebel dan di eksport ke eropa.

mebel jati jepara

Mebel Jati Jepara

Mebel jati jepara yang sekarang sudah berbeda dengan yang dahulu, sekarang ini bahan baku yang digunakan adalah kayu jati yang di datangkan dari luar jepara, khususnya dari Sulawesi, ada puluhan truk container 20’ yang masuk ke jepara tiap harinya yang membawa kayu jati glondong. Kayu kayu ini kemudian di tampung oleh pengepul kayu yang tersebar di jepara. Kemudian kayu kayu ini dibeli oleh perajin perajin mebel untuk di olah menjadi barang barang mebel jepara. Untuk perajin berskala besar biasanya mereka langsung membeli 1 container, tentu saja harga yang didapatkan akan lebih murah dibandingkan jika membeli secara eceran, namun itu membutuhkan modal yang besar.

Sebagian besar pasar mebel jati jepara adalah untuk memenuhi pasar local, diantaranya adalah kota kota di sumatera seperti lampung, Palembang, Bengkulu, medan, pekanbaru bahkan sampai Aceh. Sementara pasar mebel jepara untuk pulau jawa adalah jabodetabek, ada puluhan truk paketan mebel yang setiap hari berangkat ke Jakarta. Di jepara sendiri biro jasa paketan mebel ada banyak sekali dengan armada truk yang terus diperbarui yang khusus melayani rute rute tertentu, harga yang di tawarkan juga sangat bersaing, tentu saja hal ini sangat menguntungkan untuk perajin mebel jepara ataupun untuk konsumen mebel jati jepara sendiri.