Executive Search Firms: Fungsi dari Perencanaan Manajemen

Dalam sebuah executive search firms, perencanaan sangatlah penting guna menentukan apa yang menjadi tujuan perusahaan. Lalu, apa yang menyebabkan pentingnya bagi perusahaan untuk menentukan perencanaan? Jawabannya simpel, tanpa perencanaan yang benar dan baik, maka kinerja perusahaan tidak akan optimal, dan pastinya aktivitas dalam perusahaan menjadi tidak meningkat.

Ibaratnya seperti Ini , jika perusahaan tidak memiliki target atau tujuan maka orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut hanya sekedar menjalankan kewajibannya saja, asal digaji. Mereka tidak berusaha untuk bisa mengoptimalkan kinerja perusahaan. Jika sudah seperti ini, perusahaan tidak akan tumbuh dan hanya stagnan, bahkan yang lebih parahnya lagi, malah menurun.

executive search

Dari penjelasan di atas, pada fase perencanaan inilah perusahaan menentukan tujuan secara menyeluruh, ditambah perencanaan mengenai upaya yang bisa dilakukan dalam rangka meraih tujuan yang sudah ditetapkan tadi. Peran manager atau pemimpin sangat penting dalam hal ini. Untuk bisa meraih tujuan atau goal perusahaan, seorang manager atau pemimpin harus bisa merencanakan secara strategis langkah-langkah yang diperlukan.

Tentunya, jika langkah yang diambil tidak tepat, bisa dipastikan perusahaan tidak akan bisa mencapai target yang diharapkan. Oleh karena itu, di awal pembentukan sebuah perusahaan atau organisasi, maka perencanaan manajemen harus dilakukan, sebab tanpa perencanaan yang matang, bisa saja fungsi yang lain tidak akan maksimal.

Aktivitas dalam hal fungsi perencanaan
Dalam fungsi perencanaan (planning), ada empat macam aktivitas yang dilakukan:

1. Perusahaan harus menetapkan misi dan visi, yakni suatu gagasan atau bisa juga tujuan yang ingin dicapai dalam periode tertentu.
2.Setalah itu, perusahaan harus memikirkan mengenai langkah yang harus diambil untuk bisa meraih tujuan tersebut.
3.Jika perusahaan sudah mengetahui langkah-langkah apa saja yang nantinya digunakan, maka setelah itu perusahaan juga harus memikirkan beragam sumber daya yang berkaitan dengan langkah-langkah yang sudah ditetapkan.
4.Perusahaan juga harus menentukan standar dari kesuksesan yang ingin dicapai. Hal ini sangatlah penting, sebab jika tidak ada standar jelas, tentu menjadi sulit bagi perusahaan untuk menentukan suatu keberhasilan.

Demikian sekilas mengenai fungsi perencanaan atau bisa juga disebut aktivitas perencanaan. Untuk perihal executive search, silahkan mengunjungi website kami di potentiahr.com.