Cara Mudah Berhemat Saat Membangun Rumah

 

Membangun rumah dengan budget terbatas adalah salah satu kendala yang sering di alami masyarakat indonesia. Mereka berpikir dengan dana yang terbatas akan sangat sulit untuk bisa membuat rumah sehingga memilih untuk mengontrak saja. Padahal biaya mengontrak jika dikumpulkan bisa digunakan untuk membuat rumah sendiri. Bagi anda yang bermasalah dengan anggaran, berikut ini adalah cara berhemat saat membangun rumah dengan budget terbatas yang bisa jadi referensi anda ke depannya. Untuk tu perlu menggunakan jasa kontraktor rumah yang sesuai dengan budget dan keinginan anda. dengan mengiuti beberapa langkah yang ada kami berikan dibawah ini.

  1. Buat rencana sebaik mungkin

Coba buat gambaran mengenai rumah yang akan anda buat, misalkan konsepnya, besar kecilnya, jasa bangunan yang digunakan hingga kepemilihan material. Jika anda sudah membuat rencana dari awal, maka membangun rumah dengan budget terbatas akan sangat mudah diwujudkan. Anda bisa menyiapkan dana yang sudah dianggarkan dari rencana tersebut sehingga tidak perlu khawatir akan ada lonjakan anggaran yang drastis.

  1. Coba pilih rumah dengan tipe minimalis

Anda harus menyadari bahwa membangun rumah dengan budget terbatas tersebut membutuhkan perhitungan yang matang. Jangan mengedepankan ego dengan ingin memiliki rumah besar dan mewah. Anda bisa mencoba tipe minimalis satu lantai dengan 2 kamar tidur, dapur yang sekaligus tempat makan, ruang tamu yang sekalipun ruang keluarga dan sebuah kamar mandi. Biaya yang digunakan untuk jenis rumah minimalis ini tentu jauh lebih sedikit karena semua perabotan yang di dalampun juga berjenis minimalis.

  1. Pilih jasa bangunan yang tepat

Ada beberapa jasa bangunan yang levelnya sangat tinggi sehingga harga yang ditawarkan sangat mahal. Mungkin memang bisa memberikan hasil yang luar biasa, namun bukan ini tujuan anda. Yang terpenting anda bisa membangun rumah dengan budget terbatas dengan hasil yang cukup berkualitas yaitu rumah yang nyaman dan aman meski sederhana.

  1. Gunakan bahan-bahan lokal

Membangun rumah dengan budget terbatas mengharuskan anda sangat berhemat. Anda tidak perlu menggunakan bahan-bahan import karena harganya pasti lebih mahal. Cukup gunakan bahan lokal yang penting kualitasnya tetap terjamin.

 

 

Dengan beberapa cara di atas, maka membangun rumah dengan budget terbatas bisa sangat mudah dan tidak lagi merepotkan. Jika memang anda sudah memiliki lahan dan memiliki sedikit anggaran, mulailah untuk merencanakan pembangunan rumah dengan tahap-tahap yang terperinci.