Beberapa Hal yang Harus Diketahui Tentang Berita

Kumpulan Berita Terbaru, Kumpulan Berita Hari Ini, Kumpulan Berita Terkini

Kumpulan Berita Terbaru, Kumpulan Berita Hari Ini, Kumpulan Berita Terkini

Berita dan Liputan
Berita yaitu laporan yang dihidangkan lewat massmedia (surat berita, tv, radio, dan lain-lain.), yang berbentuk faktual,aktual, serta utama untuk khalayak. Faktual bermakna sesuai samafakta, bukanlah karangan fiktif. Beberapa Hal yang Harus Diketahui Tentang Berita termasuk Aktual bermakna barusan berlangsung, belum di ketahui beberapa orang, serta masih tetap hangat untuk dibicarakan. Banyak Kumpulan Berita Terbaru dan Kumpulan Berita Terkini yang bisa dijadikan pedoman. Jadi, satu laporan akan tidak dipandang berita jika peristiwa yang dilaporkan itu :

(1) fiktif, tidak betul-betul berlangsung ;elah berjalan lama ;

(3) telah di ketahui beberapa orang ;

atau (4) telah tidak hangat untuk dibicarakan.

Teks berita disusun dengan memakai susunanpiramida terbalik seperti pada bagan berikut ini.
bagan susunan berita berbentuk piramidaterbalik
Sisi lead news (teras berita) mempunyai karakter paling utama di banding sisi body news serta leg news. Teras berita diisi info yang paling utama, paling esensial, serta adalah pokok-pokok isi berita. Oleh karena itu, jika kita menginginkan tahu pokok-pokok isi berita, jadi kita cukup membaca paragraf pertama berita itu.
Karna teras berita mesti diisi pokok-pokok isi berita, teras berita ditulis dengan rumus 5W1H. 5W1H adalah singkatan dari unsur-unsur berita : what (apa), where (dimana), when (kapan), who (siapa), why (kenapa), serta how (bagaimana). Berarti, didalam teras berita, mesti ada info yang menjawab pertanyaan :
(1) Apa momen/peristiwa/fakta yang dikabarkan? (unsur what)
(2) Dimana momen/peristiwa/fakta itu berlangsung? (unsur where)
(3) Kapan momen/peristiwa/fakta itu berlangsung? (unsur when)
(4) Siapa pelaku, dalang, korban, atau orang yang ikut serta di dalamnya? (unsur who)
Info : Unsur who ini terdiri jadi tiga jenis, yakni : (1) institution who, yaitu unsur who yang berbentuk institusi atau instansi ; (2) perorangan who, yaitu unsur who yang berbentuk perorangan/individu ; serta (3) plural who, yaitu unsur who yang berbentuk grup orang.
(5) Kenapa momen/peristiwa/fakta itu berlangsung? (unsur why)
Info : Unsur why yaitu unsur yang berbentuk info mengenai penyebabnya, motivasi, atau latar belakang terjadinya satu momen/peristiwa/fakta.
(6) Bagaimana urutan kejadiannya, bagaimana langkahnya, bagaimana mengakibatkan, bagaimana sistem peristiwanya? (unsur how)
Sisi body news (badan berita) mempunyai karakter cukup utama karna diisi beberapa informasi yang memperjelas, memperdetail, atau memperinci info dalam teras berita. Sisi leg news (kaki berita) mempunyai karakter kurang utama karna cuma berbentuk info penambahan yang bila di hilangkan akan tidak punya pengaruh pada kelengkapan berita.
Ada tiga argumen berita ditulis dengan susunan piramida terbalik. Pertama, supaya pembaca yang begitu repot dapat segera tahu garis besar isi berita dengan cuma membaca paragraf pertama (paragraf teras berita). Ke-2, supaya editor dapat segera memotong kaki berita bila berita sangat panjang sesaat kolom koran yang ada begitu terbatas. Ketiga, supaya wartawan tidaklah sampai melupakan atau melupakan info utama dalam berita yang ia catat.
PEDOMAN PENULISAN BERITA

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) membuat Dasar Penulisan Berita yang berisi diantaranya seperti berikut.
(1) Teras berita diletakkan di paragraf pertama serta mesti mencerminkan pokok terutama berita.
(2) Teras berita tidak lebih dari 45 kata serta baiknya tidak lebih dari 3 kalimat.
(3) Beberapa hal yg tidak demikian menekan sebaiknya dimuat pada badan berita.
(4) Unsur why serta how diperjelas pada badan berita, tidak dalam teras berita.
Berdasar pada dasar yang telah disetujui oleh PWI itu, bisa diambil kesimpulan kalau unsur what, where, when, serta who itu harus ditulis dalam teras berita, tidak bisa pada badan berita. Unsur why serta how yang di rasa begitu utama, menarik, serta terkait erat dengan pokok berita ditulis dalam teras berita, sedang unsur why serta how yang tidaklah terlalu utama mesti di jabarkan pada badan berita.
Saat buat teras berita, seseorang jurnalis bebas memastikan alur penyajiannya, dapat berbentuk what-where-when-who, who-what-why-where-when, how-who-what-where-when, serta lain sebagainya. Alur penyajian teras berita tidak mesti senantiasa dimulai oleh satu diantara unsur 5W1H, bisa juga dimulai oleh pertanyaan (question), komentar (comment), cuplikan pengucapan tokoh (quotation), jeritan (exclamation), dan sebagainya.
Berdasar pada unsur yang memulainya, teras berita terdiri jadi berbagai macam, diantaranya : (1) what lead, yakni teras berita dimulai unsur apa ; (2) who lead, yakni teras berita dimulai unsur siapa ; (3) when lead, yakni teras berita dimulai unsur kapan ; (4) where lead, yakni teras berita dimulai unsur dimana ; (5) why lead, yakni teras berita dimulai unsur kenapa ; (6) how lead, yakni teras berita dimulai unsur bagaimana ; (7) quotation lead, yakni teras berita dimulai pengucapan seorang ; (8) question lead, yakni teras berita dimulai pertanyaan ; (9) comment lead, yakni teras berita dimulai komentar ; dan sebagainya. Mengenai alur lanjutannya dapat berbagai macam, bergantung pada jurnalisnya. What lead, umpamanya, dapat berpola what-where-when-why, what-when-where-how, what-when-where-why, dan sebagainya. Who lead dapat berpola who-what-where-when-why, who-what-how-where-when, dan sebagainya.
Karna ada tiga jenis unsur who, who lead (teras berita siapa) terdiri jadi tiga jenis juga, yakni : (1) who lead perorangan, yakni teras berita dengan diawali unsur who (siapa) yang berbentuk satu orang ; (2) who lead plural, yakni teras berita dengan diawali unsur who (siapa) yang berbentuk dua orang atau lebih (beberapa orang) ; serta (3) who lead institution, yakni teras berita dengan diawali unsur who (siapa) yang berbentuk instansi/institusi.
CONTOH TERAS BERITA & ANALISISNYA

1.
Kebakaran berlangsung di pasar Klojen pada Sabtu malam, 1 Mei 2010. Menurut kesaksian warga, sebagian orang tidak di kenal berniat lakukan sabotase listrik. ð Analisa : teras berita ini berjenis what lead yang dihidangkan dengan alur apa-di mana-kapan-mengapa. Buktinya :
(1) Apa kejadiannya? Kebakaran.
(2) Dimana peristiwanya? Di pasar Klojen.
(3) Kapan peristiwanya? Sabtu malam, 1 Mei 2010.
(4) Kenapa hal tersebut berlangsung? Karna sebagian orang tidak di kenal berniat lakukan sabotase listrik.
2.
Julia Perez menyatakan, dianya selalu maju dalam pilkada Bupati Pacitan walau berlangsung pro-kontra di dalam orang-orang. Hal tersebut disebutkan di tempat tinggalnya pada Minggu, 25 April 2010. ð Analisa : teras berita ini berjenis who lead perorangan yang dihidangkan dengan alur siapa-apa-di mana-kapan. Buktinya :
(1) Siapa yang dikabarkan? Julia Perez.
(2) Apa yang dilaporkan? Pengucapan Julia Perez yang menyebutkan kalau Julia Perez selalu maju dalam pilkada.
(3) Dimana hal tersebut disibakkan? Dirumah Julia Perez.
(4) Kapan hal tersebut disibakkan? Minggu, 25 April 2010.
3.
Arema Indonesia kalah 1 : 4 melawan Persipura pada Sabtu, 24 April 2010, di Jayapura. Kekalahan Arema itu jadikan poin Persipura jadi bertambah 3 angka hingga totalnya saat ini 56, tetapi hal tersebut masih tetap belum dapat menggeser tempat Arema Indonesia dari puncak klassemen karna poin Arema telah meraih 60. ð Analisa : teras berita ini berjenis who lead institution yang dihidangkan dengan alur siapa-apa-di mana-kapan-bagaimana. Buktinya :
(1) Siapa yang dikabarkan? Arema Indonesia.
(2) Momen apa yang dikabarkan? Kekalahan Arema 1 : 4 saat melawan Persipura.
(3) Dimana peristiwanya? Di Jayapura.
(4) Kapan terjadinya? Sabtu, 24 April 2010.
(5) Bagaimana mengakibatkan? Poin Persipura jadi bertambah 3 hingga jadi 56, tetapi Arema Indonesia masih tetap menempati puncak klassemen karna poin terlebih dulu telah meraih 60.
4.
Dua orang pelaku curanmor dihajar, dimutilasi, serta dibakar oleh massa. “Biar tidak berlangsung lagi, Mas. Disini begitu seringkali berlangsung curanmor. Polisi tidak sempat dapat menangkap mereka. Saat ini warga telah geram sekali, Mas, ” tutur salah seseorang anggota massa. ð Analisa : teras berita ini berjenis who lead plural yang dihidangkan dengan alur siapa-apa-mengapa. Buktinya :
(1) Siapa yang dikabarkan? Dua orang pelaku curanmor (pencurian motor).
(2) Apa kejadiannya? Dua pelaku curanmor dihajar, dimutilasi, serta dibakar oleh massa.
(3) Kenapa hal tersebut hingga berlangsung? Karna polisi tidak dapat menangkap mereka serta warga telah geram sekali. Warga menginginkan curanmor tidak berlangsung lagi di daerahnya.
5.
Sungguh malang nasib TKW kita. Sutinah (26) pulang dengan luka di sekujur badannya karena disiksa majikannya di Arab Saudi. Sutinah dapat pulang sesudah sukses menelepon kedubes RI dengan sembunyi-sembunyi serta memberikan laporan peristiwa yang menimpanya. Salah seseorang staf kedubes menjemputnya serta mengantarnya pulang ke Indonesia dengan pesawat. ð Analisa : teras berita ini berjenis comment lead yang dihidangkan dengan alur komentar-siapa-apa-mengapa-bagaimana. Buktinya :
(1) Komentar penulis berita : Sungguh malang nasib TKW kita.
(2) Siapa yang dikabarkan? Sutinah.
(3) Apa kejadiannya? Seseorang TKW pulang dengan luka di sekujur badannya.
(4) Kenapa momen itu berlangsung? Ia disiksa majikannya saat bekerja di Arab Saudi.
(5) Bagaimana sistem kepulangannya? Dengan sembunyi-sembunyi ia menelepon kedubes RI serta memberikan laporan peristiwa yang menimpanya. Kemudian, ia dijemput serta diantar pulang ke Indonesia dengan pesawat.